Peserta SBMPTN jangan percayai calo

rektor universitas negeri padang yanuar kiram mengingatkan terhadap calon peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (sbmptn) juga kaum orang tua agar tak mempercayai calo dan menjanjikan akan dapat membantu kelulusan.

jika banyak pihak yang memberi iming-iming mampu membantu kelulusan, mengaku gampat ditempuh dengan rektor atau panitia, mampu dipastikan keuntungan tersebut adalah penipuan karena proses sbmptn berjalan dengan transparan, kata rektor selama padang, rabu.

oleh karena itu, katanya, jika banyak yang menemukan keuntungan tersebut silahkan dicatat identitasnya dan langsung laporkan pada panitia sbmptn untuk ditindaklanjuti dengan hukum.

ia menegaskan, tak banyak seorang pun yang dapat membantu kelulusan peserta sbmptn karena sistem pelaksanaannya dilakukan secara online, melalui proses komputerisasi dan transparan.

Informasi Lainnya:

bahkan dalam proses yang diselenggarakan saat ini seluruh penduduk mampu bersama-sama mengawasi serta memantau pelaksanaan dengan mengecek segera melalui website dipercaya www.sbmptn.or.id , papar dia.

sementara, ketua panitia lokal sbmptn padang agus irianto menyampaikan kalau banyak pihak yang menjanjikan mampu meluluskan seseorang maka hal tersebut adalah salah Satu modus penipuan.

ia mencontohkan, contohnya banyak seseorang dan menjanjikan hendak membantu kelulusan serta meminta biaya rp10 juta melalui kesepakatan apabila tak lulus uang akan dikembalikan.

seandainya 10 pihak saja yang tergiur dengan iming-iming itu maka pelaku ingin dapat meraup biaya rp100 juta.

sedangkan batas masa pendaftaran sbmptn melalui pengumuman kelulusan memiliki masa kurang lebih Salah satu bulan serta pelaku akan tetapi waktu mau mendepositokan biaya itu.

jika dalam ketika pengumuman tidak ada dan lulus dengan demikian biaya ingin dikembalikan, tapi pelaku minimal sudah membeli bunga deposito, tutur dia.

namun , ketika banyak yang tanpa diketahui lulus pasti pelaku ingin memperoleh biaya lebih ada lagi sebab dinilai berjasa membantu kelulusan seseorang.

padahal, pelaku tak menggarap apa-apa serta tidak bantuannya, bila seseorang mampu menjawab soal ujian tulis melalui bagus dipastikan akan lulus tanpa bantuan mana ada pun.

pendaftaran sbmptn 2013 dibuka dalam 13 mei sampai 7 juni dimana ujian tulis mau diselenggarakan di 18-19 juni dilanjutkan melalui ujian keterampilan terhadap program studi khusus.

spmb 2013 bisa diikuti oleh lulusan sma sederajat tahun 2011, kemarin dan 2013 melalui syarat yang bersangkutan dinyatakan lulus di ujian nasional.