China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat takut sesudah jepang serta taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan dalam laut kurang lebih grup pulau bersengketa dalam laut china timur, yang maka pusat konflik beijing dengan tokyo.

kami sangat takut selama jepang serta taiwan, yang membicarakan dan menandatangani perjanjian penangkapan ikan, papar juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, dalam jumpa wartawan, di beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang melalui sungguh-sungguh menaati janji-janjinya mengenai masalah taiwan dan mengambil tindakan jangan sembarangan juga pantas, ujarnya.

jepang mempunyai hubungan diplomatik cuma dengan china; juga mengakui taiwan untuk wilayah china, ternyata negara tersebut mempertahankan hubungan ekonomi erat dan kebudayaan melalui taiwan.

Informasi Lainnya:

china dan taiwan mempunyai pemerintahan terpisah sejak pasukan nasionalis dikalahkan dan lari ke pulau itu selama akhir perang saudara dengan komunis dalam 1949. china, bila usah hendak mencari kekuatan militer supaya membayarkan lagi taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china pada umumnya senang kepada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan dan usaha dengan negara-negara lain tampaknya negara itu tak setuju selama perjanjian-perjanjian yang menyampaikan taiwan adalah Salah satu negara yang berdaulat.

jepang mencapai tutur sepakat dengan taiwan agar mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi selama bagian dari zona ekslusif jepang pada sekitar pulau-pulau dan dipelajari jepang, ternyata serta diklaim oleh china dan taiwan.