Kerry desak Turki-Israel normalisasi hubungan

menteri luar negeri as john kerry dan tengah mendatangi istanbul, turki, mendesak pemimpin negeri itu supaya selekasnya memperbaiki hubungan diplomatik penuh melalui israel.

sesudah berbicara dengan menteri luar negeri turki ahmet davutoglu, kerry menungkapkan washington melihat kedua negara dijadikan jangkar kestabilan di timur tengah.

kerry menyeru kedua sekutu penting as itu agar mengirim terserah duta besar mereka sesegera bisa saja juga menyatakan kerjasama kedua negara bakal membantu menanggulangi tantangan yang dihadapi timur sedang.

kami ingin menyaksikan hubungan itu, dan bermanfaat buat wilayah timur sedang, terhadap proses perdamaian palestina-israel, kata kerry sebagaimana dikutip xinhua.

ia menambahkan turki mampu adalah penyumbang utama pembangunan masa depan tepi barat sungai jordan juga jalur gaza.

Informasi Lainnya:

presiden as barack obama menengahi rujuk turki dan israel pada perjalanannya ke wilayah tersebut maret kemarin.

perdana menteri israel benjamin netanyahu menyatakan permintaan maaf pada turki setelah kunjungan obama atas serangan 2010 terhadap armada kapal bantuan lokasi jalur gaza yang menewaskan delapan warganegara turki dan Salah satu orang turki-amerika.

mengenai masalah tersebut, davutoglu menuntut ganti rugi korban tewas armada santunan itu juga pencabutan embargo pada jalur gaza.

semua korban dalam peristiwa ini mesti diberi ganti rugi ...Salah satu pelanggaran dilaksanakan juga itu mesti dimintai pertanggungjawaban, kata davutoglu memberi syarat kepada normalisasi hubungan dengan israel.