Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog diantara grup oposisi dan rezim dan berkuasa di suriah adalah langkah jangan dilupakan dan paling memungkinkan supaya melaksanakan konflik dan mewujudkan perdamaian selama negara itu, papar peneliti lipi hamdan basyar.

selain dialog, paling mungkin sikap berbesar hati presiden bashar al-assad supaya lengser, kata hamdan saat dikontak dalam jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi dan rezim presiden bassar -- kini selalu mengumpulkan kekuatan dengan melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab telah memberi dukungan pada oposisi pada konferensi tingkat tingginya pada akhir maret 2012.

namun, ujarnya, upaya oposisi agar mendapat pengakuan daripada pbb, hendak sulit karena tekanan dari rusia juga china, sebagai pendukung utama presiden bashar.

hamdan mengatakan oposisi cuma hendak mendapat dukungan ada negara-negara arab, namun tidak selama pbb, terutama pada saat sidang majelis publik pbb dalam september kedepan.

Informasi Lainnya:

kursi pada pbb baru ingin milik bashar, rusia memiliki kekuatan pada pbb, katanya.

rusia, yang dan anggota komite mandat majelis publik, telah dengan penuh mengatakan tekadnya supaya menghadang cara diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia untuk pbb vitaly churkin mengatakan pengakuan kepada oposisi suriah hendak melemahkan posisi pbb di mata dunia.

konflik dan telah berkepanjangan ini telah mesti segera dituntaskan, rakyat suriah menanti legowo bashar serta dan paling utama banyak dialog untuk rekonsiliasi, kata hamdan.

hamdan mengatakan kini pbb serta kesulitan untuk menyelesaikan konflik ini. semua cara dewan keamanan pbb, yang mengecam bashar sebab pertumpahan darah yang terjadi, telah tiga kali diveto oleh china serta rusia.

dunia menanti dialog perdamaian, resolusi pbb yang mengecam bashar sudah diveto selalu, tindakan pbb seterusnya ingin memperoleh tekanan daripada rusia, ujarnya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, yang dikontak secara terpisah mengatakan Jalan keluar politik damai lebih diperlukan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab kepada kelompok oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab perlu diarahkan dalam usaha mendapatkan opsi-opsi perdamaian terhadap suriah.

perang saudara berkepanjangan diantara bagian oposisi melalui pemerintahan presiden bashar perlu segera diakhiri demi memangkas korban pada diantara masyarakat suriah.

berbagai negara serta menyampaikan dukungannya supaya terwujudnya diskusi perdamaian di suriah. aljazair juga bahrain mengatakan diskusi adalah satu-satunya penyelesaian kepada krisis di suriah.

untuk melaksanakan krisis suriah, tak dapat dilakukan atas inisiatif negara arab (qatar serta arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris serta prancis) yakni dengan mengucilkan presiden bashar.