Korea Utara adili warga Amerika

korea utara akan mengadili benar masyarakat negara amerika serikat atas tuduhan percobaan penggulingan rezim komunis, di tengah krisis pyongyang serta barat.

kantor berita dipercaya korea utara kcna, sabtu, menungkapkan masyarakat as bernama pae jun-ho itu telah mengakui tuduhan tersebut serta akan langsung menjalani proses hukum.

pae ditangkap november kemarin ketika memasuki rason, di pihak timur laut korut, dan terletak selama zona khusus ekonomi berdekatan dengan perbatasan wilayah korea, rusia serta china.

kcna mencatat penyelidikan awal untuk pae sudah rampung. dia mengakui sudah melakukan kejahatan melalui motif agar menjatuhkan pemerintahan dprk dengan gerakan permusuhan. kejahatannya telah terbukti, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia hendak diseret ke mahkamah agung dprk agar menjalani persidangan, sedangkan media korea selatan desember lalu mengidentifikasi sosok yang ditangkap adalah pelaksana tur korea-amerika yang berusia 44 tahun.

dia baru saja menggarap perjalanan melalui lima turis lainnya juga tiba-tiba ditangkap karena membawa perangkat keras penyimpan data komputer, tulis koran korea selatan kookmin ilbo.

sejumlah masyarakat us telah berada dalam korea utara untuk beberapa tahun terakhir ini, demikian afp.