Jamsostek serahkan santunan Rp2,22 miliar pada ABK

pt jamsostek memberikan santunan senilai rp2,22 miliar pada ahli waris 11 putri buah kapal pt pelayaran tirtacipta mulyapersada dan tewas dan hilang saat kapal tirta samudera xxi yang mereka awaki tenggelam pada karimun jawa, 10 januari kemarin.

direktur pelayanan pt jamsostek achmad riadi saat menyerahkan bantuan dengan simbolis kepada salah Satu ahli waris di acara konsultasi teknis dokter penasehat tingkat nasional 2013 dalam batam, rabu menyampaikan pihaknya masih mampu membayarkan santunan karena menunggu kesiapan ahli waris.

kapal tirta samudera xxi yang bermuatan minyak sterin pergi daripada pelabuhan plaju marina, palembang, menuju pelabuhan gresik. dalam perairan karimun jawa kapal murah ke kanan 12 derajat dan bocor sesudah sebelumnya terombang ambing akibat iklim buruk.

segala upaya dilakukan abk untuk menghubungi tim sar semarang dan basarnas pusat, sementara kapal tidak dapat diselamatkan. kaum abk lalu menyelamatkan diri melalui memakai life raft juga sekoci.

tim sar semarang dengan pantauan helikopter sempat menyaksikan para abk serta menyerahkan bantuan logistik, tetapi saat akan menurunkan alat komunikasi gagal dilakukan karena terhalang kabut dan sekoci hilang dibandingkan pantauan.

Baca Juga: perak murah - cincin perak murah - cincin tunangan murah - cincin kawin murah

tim basarnas mengerjakan pencarian 11--17 januari serta menemukan dua korban tewas, sembilan hilang juga Satu selamat.

pt jamsostek batam ii sudah menerima catatan kecelakaan itu melalui email pada 22 januari 2013. proses pembayaran baru bisa dilaksanakan selama april karena menanti surat keputusan dari basarnas juga kelengkapan berkas dibandingkan masing-masing ahli waris dan tersebar di berbagai wilayah indonesia.

total nilai bantuan rp2,22 miliar kepada ke-11 korban. bantuan diserahkan oleh dirjen pembinaan pengawasan ketenagakerjaan kemenakertrans muji handoyo dengan didampingi riadi juga kakanwil ii pt jamsostek marseli tamboyong melalui disaksikan dengan gm pt pelayaran tirtacipta mukyapersada wagiman serta kurang lebih 57 dokter peserta pertemuan dokter penasehat.

sri hartati, isteri daripada abk almarhum kambali melayani bantuan senilai rp103,1 juta. penerima santunan yang lain merupakan ahli waris dibandingkan alfenus panjaitan, alim yusuf, david banjarnahor, hasanuddin, herry martuanto, ibrahim. izak steven, m lutfi ulsar iskandar, muttaqin serta pengizinta sitepu.

besaran santunan bervariasi pas dengan nilai upah dan dilaporkan. besaran bantuan terkecil rp79 juta dan terbesar rp465 juta.

pt pelayaran adalah perusahan binaan pt jamsostek kantor cabang batam ii dan terdaftar sejak februari 2011, mengikuti tiga website jaminan sosial dengan total 345 pekerja yang terdaftar aktif dan total meminta iuran rp128 juta perbulan.

pt jamsostek kantor cabang batam ii di 2012 sudah membayar garansi kecelakan kerja senilai rp4.465 miliar supaya 2.669 kasus.