Inggris punya bukti penggunaan senjata kimia di Suriah

inggris mempunyai bukti terbatas tapi persuasif terkait penggunaan senjata kimia selama suriah, tergolong gas sarin, tutur kementerian luar negeri inggris.

kami mempunyai info dan sempit tapi persuasif daripada berbagai sumber yang menunjukkan penggunaan senjata bahan kimia di suriah, tergolong gas sarin, papar juru bicara kantor kementerian luar negeri, kamis, menyusul komentar serupa dengan pejabat amerika serikat.

ini sangat memprihatinkan. penggunaan senjata kimia merupakan kejahatan perang, katanya semisal dikutip afp.

kami telah diberitahu dengan sekutu, mitra serta pbb tentang info ini serta kami berusaha dengan aktif agar mencari Informasi lebih lanjut juga lebih baik, ujarnya.

Informasi Lainnya:

laporan awal bulan ini menyebutkan para ilmuwan militer inggris sudah mengetahui sampel tanah yang dibawa terserah dari daerah yang tidak jauh melalui damaskus serta mendapatkan hasil pengujian menunjukkan sampel tersebut positif mengandung senjata kimia, walaupun pemerintah belum mengkonfirmasi keuntungan tersebut.

pengumuman dari inggris tersebut ditampilkan tak lama sesudah gedung putih menyatakan suriah kemungkinan menggunakan senjata kimia kepada pasukan pemberontak selama skala kecil, tapi menekankan apabila agen mata-mata amerika serikat baru belum 100 persen yakin.

washington sudah berulang kali menungkapkan penggunaan senjata kimia oleh rejim presiden suriah bashar al-assad ingin dinilai dijadikan sebuah penampilan yang melintasi garis merah dan memicu kemungkinan aksi militer.

inggris menungkapkan suriah harus mengizinkan pengamat internasional.

bashar mesti berusaha sama dengan masyarakat internasional juga membuktikan kiranya rezimnya tidak sudah mengerjakan kejahatan dan mengerikan ini, yang memungkinkan akses tidak sedikit untuk

pbb dan opcw (organisasi untuk pelarangan senjata kimia) guna melakukan penyelidikan dalam lapangan selama suriah, tutur juru bicara kementerian luar negeri.