TKI Tulungagung kirim uang rp1 triliun/tahun

pengiriman biaya (remitansi) tki ke kabupaten tulungagung, jawa timur semua tahunnya diprediksi mencapai rp1 triliun, tapi tak sepenuhnya terdeteksi bank indonesia karena proses pengiriman dilaksanakan dengan segera.

estimasi besaran remitansi tki asal kota marmer itu diungkapkan koordinator migrant centre tulungagung, widi harianto, selasa, dan menengarai adanya perbedaan data remitensi selama bi melalui perputaran uang sesungguhnya dalam masyarakat.

kami telah menggarap kajian melalui mengikuti pilihan sampel desa/kampung tki selama tulungagung, serta hasilnya Satu desa rata-rata dapat menghasilkan remitansi sekitar rp3 miliar hingga rp4 miliar, paparnya.

dengan asumsi banyaknya desa-desa pada daerah itu dan warganya bekerja di luar negeri (tulungagung memiliki 271 desa, 19 kecamatan), hari meyakini aliran devisa yang berasal daripada transfer dana tki/tkw diyakini tembus rp1 triliun per tahunnya.

Informasi Lainnya:

banyak fakta yang kami pilihlah dari para tki dan merupakan dampingan migrant centre. mereka disamping memanfaatkan media transaksi perbankan maupun `western union` (koleksi jasa pengiriman uang pt pos indonesia) serta menggarap pengiriman secara langsung, katanya.

pihak migrant centre telah tidak memiliki data valid menyangkut angka remitansi tki ke tulungagung dan tidak terekam traksaksi keuangan perbankan indonesia maupun jasa pengiriman yang lain.

hari hanya memberi gambaran kiranya semua tki/tkw dan membawa biaya (menarik pada jenis mata biaya asing maupun rupiah) pulang ke kampung halamannya pada tulungagung lebih daripada 50 persen.

bukan berarti mereka ini tak membeli jasa keuangan perbankan serta lainnya untuk transfer, tapi dalam ada jumlah kaum tki dari perantauan ini juga membawa biaya hasil kerjanya dengan tunai serta dengan langkah menitipkan ke rekannya supaya diutarakan ke keluarga dalam properti, tuturnya.

selain perilaku, hari menengarai banyaknya devisa tki dan tak terekam dalam data keuangan bank indonesia juga dipengaruhi banyaknya buruh migrant dan bekerja pada luar negeri tidak dokumen lengkap (tki ilegal).

kerugian negara akibat remitansi dan tidak dengan jasa keuangan pemerintah maupun swasta tentunya berpengaruh terhadap besar-kecilnya obyek pajak dan hilang, tandasnya.

sebagaimana data bank indonesia, devisa dan berasal dari transfer dana tki jawa timur selama luar negeri sepanjang tahun kemarin tercatat sebesar rp2,86 triliun.

distribusi dana remitensi tki ke jawa timur hampir merata ke seluruh wilayah kabupaten/kota.

pamekasan tercatat dibuat daerah dan memiliki remitansi paling tinggi tiap tahunnya, yaitu mencapai 19 persen atau sekitar rp543,4 miliar

selain pamekasan, enam kabupaten/kota lain dan memiliki remitansi tertinggi dibanding 31 daerah yang lain di jatim adalah sumenep (9 persen ataupun kurang lebih rp257,4 miliar), surabaya (8 persen atau kurang lebih rp228,8 miliar), malang (7 persen atau kurang lebih rp200,2 miliar), madiun (6 persen ataupun kurang lebih rp171,6 miliar), tulungagung juga banyuwangi (tiap-tiap 4 persen serta kurang lebih 114,4 miliar).