Ledakan Texas tewaskan 15 orang, warga kota diungsikan

ledakan yang menghancurkan pabrik pupuk dan meluluh-lantakkan puluhan rumah di kota kecil wilayah texas, rabu malam, merenggut 15 korban jiwa dan mencederai lebih dari 160 orang lainnya.

ledakan itu, yang dipicu dengan kebakaran, serta memuntahkan asap beracun oleh karenanya sekitar separuh dari penduduk kota kecil dalam sekitar tujuan mesti diungsikan.

polisi mengatakan antara lima juga 15 pihak terbunuh di ledakan di west, kota kecil yang berpenduduk sekitar 2.800 jiwa serta terletak kurang lebih 130 km arah selatan dallas.

saya belum pernah menyaksikan kejadian dan seperti ini, kata kepala polisi mclennan, parnell mcnamara.

Informasi Lainnya:

reruntuhan puingnya seperti dalam medan peperangan.

ledakan yang dipicu oleh kebakaran dalam pabrik pupuk west fertilizer co. tersebut dilaporkan terjadi selama jam 20.00 waktu setempat. asal api belum dikenal, tutur petugas.

sersan polisi w.patrick swanton menyampaikan penyelidikan dilaksanakan agar hapal apakah kebakaran tersebut terjadi sebab penampilan kriminal atau untuk akibat dari reaksi kimia.

sebelumnya, walikota west tommy muska menungkapkan pada reuters, banyak lima atau enam petugas pemadam kebakaran yang secara sukarela datang lebih lagi supaya memadamkan api, dilaporkan sudah hilang.

pemadam kebakaran berjuang mematikan api serta mengungsikan masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan lokasi.

petugas mengatakan kiranya api selalu berkobar pada di pabrik --sehingga memungkinkan terjadinya ledakan-ledakan lain -- serta mengeluarkan asap berbahaya ke seluruh penjuru kota.

swanton menyampaikan sisa-sisa kebakaran selama dasar tangki kimia sudah diamankan.

juru bicara departemen keamanan penduduk texas, d.l. wilson, mengatakan separuh warga kota dan berada sekitar 8-10 blok sudah diungsikan dan petugas bisa saja dan harus mengungsikan warga di sisi lain jika arah tiupan angin berubah, itulah dilaporkan reuters.